Jumat, 29 April 2011

Karakteristik Seni Rupa Islam


Lukisan miniatur
Seni Islam atau seni yang Islamis adalah seni yang mengungkapkan sikap pengabdian kepada Allah. Seniman membuat karya-karya seni yang beragam yang sesuai dengan perspektif kesadaran nilai Islam berusaha menampilkan cita keesaan Tuhan dalam setiap karya seninya. Islam tidak menggariskan bentuk seni terentu tetapi sekedar memberi pagar agar tidak melenceng dari gagasan keIslaman.
Dari artefak-artefak karya seni rupa yang bertebaran dipelbagai negara  dimana Islam berkembang dapat dicatat ciri-ciri atau tanda-tanda khusus sebagai berikut :

a)   Seni rupa Islam mengalami perkembangan setelah Islam menyebar kepenjuru dunia. Di dalam perwujudannya ternyata unsur-unsur setempat yang tidak bertentangan dengan Islam dapat terus hidup dan bahkan dalam beberapa hal terus dikembangkan.

keramik ditemukan di Turki
b)  Pada umumnya bidang kesenirupaan didaerah kekuasaan Islam mempunyai tingkatan yang lebih tinggi daripada Arab. Sebagai contoh kerajaan Persia telah mengenal teknik pembuatan keramik yang canggih, keahlian orang persia ini terus dipakai pada masa Islam.

c)  Seni rupa Islam pada prinsipnya merupakan perpaduan antara seni daerah setempat dengan konsepsi Islam, inilah yang menyebabkan adanya perbedaan antara bentuk seni rupa yang satu dengan lainnya.seperti ketidaksamaan antara seni Mesir dan seni India.

Arabeska dengan desain flora
bunga tulip dan carnation
d)  Seni ornamentik dalam seni rupa Islam menjadi unsur kesamaan secara umum Juga Seni figuratif yang tidak  menggambarkan mahluk bernyawa pada hiasan Mesjid, selain itu lebih banyak menggunakan motif hias Arabeska,atau stilasi sulur-suluran, bentuk bunga dan daun ,berkembang pula bentuk geometris atau ragam hias    ilmu ukur.bentuk seni rupa lainnya yang sangat mendapat perhatian ialah seni khat atau kaligrafi.
Seni patung tidak begitu berkembang walaupun dibeberapa tempat ditemukan seperti patung singa di Alhamra. Seni abstrak merupakan manifestasi yang berkaitan dengan hadits.yang merupakan kecendrungan penampilan secara prinsip yang hakiki dalam seni rupa Islam.dimana kehadiran bentuk seni demikian tentu mempunyai alasan yang didasarkan atas pandangan hidup kaum muslimin terhadap seni rupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar